180 PENGAWASAN HATIWASDA DAN TIM

Arsip Berita

HASIL PENGAWASAN HATIWASDA DAN TIM DI PENGADILAN AGAMA KOTA BANJAR

Kota Banjar, 25  April 2018

Senin pagi pukul 07.30 wib, Pengadilan Agama Kota Banjar kedatangan Tamu Istimewa Tim Pengawas dari Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat. Tim yang dipimpin oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah Drs. H. J. Thonthowie Ghanie, S.H., M.H., terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu Achmad Chotib Asmita, S.Ag, (Panitera Pengganti) dan Abdul Ghaffar Mubtadi, S.H.I. (Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga).

IMG 20180423 WA0009 IMG 20180423 WA0011

Sebelum memulai tugasnya untuk melakukan Pengawasan di Pengadilan Agama Kota Banjar, Hakim Tinggi Pengawas Daerah beserta timnya turut serta dalam kegiatan rutin Apel pagi pembukaan hari kerja yang dilaksanakan setiap hari senin. Selepas Apel pagi, Tim langsung melakukan Pemeriksaan sesuai dengan bidangnya.

IMG 20180424 134916 copy

Dalam pengawasan yang dilaksanakan dua hari tersebut, Tim pemeriksa menemukan beberapa hal yang perlu segera dibenahi dan ditindaklanjuti demi penyempurnaan administrasi dan manajemen Pengadilan Agama Kota Banjar, baik di sektor kesekretariatan maupun di sektor kepaniteraan. Disektor kepaniteraan, Drs. H. J. Thonthowie Ghanie, S.H., M.H. mengharapkan agar ada keseimbangan dalam pemanfaatan Teknologi Informasi (SIPP) dengan manualnya. Prosedur penerimaan perkara diharapkan tetap dilakukan sesuai dengan alur sebagaimana petunjuk Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi Peradilan Agama, semua pegawai yang terkait agar kiranya terlibat dan berfungsi sesuai tupoksinya.

Berkenaan dengan pegawai yang masih rangkap jabatan, yang seharusnya rangkap jabatan merupakan hal yang tidak diperbolehkan, setelah mendapat penjelasan dari Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar, Tim pemeriksa dapat memahaminya, hal ini dikerenakan keterbatasan SDM yang ada di Pengadilan Agama Kota Banjar. Ketua Tim Pemeriksa pun berharap agar pengelolaan arsip perkara dibenahi lagi secara lebih baik agar tata letak dan urutannya mengacu pada pedoman yang berlaku.

IMG 20180424 144151 copy

Tim juga mengapresiasi atas capaian Pengadilan Agama Kota Banjar yang kian menunjukkan peningkatan, sampai dengan berita ini diturunkan, Pengadilan Agama Kota Banjar masih berada pada posisi pertama se-Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dalam rasio penanganan perkara dengan persentase 68,4%. Dalam kesempatan yang sama Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar (Fakhrurazi) berjanji akan segera menindaklanjuti hasil pengawasan kali ini, agar pelayanan Pengadilan Agama Kota Banjar semakin meningkat sesuai jargonnya Pengadilan Agama Kota Banjar selalu terdepan.