181 PENGADILAN AGAMA INSPIRATIF

Arsip Berita

PENGADILAN AGAMA KOTA BANJAR DINOBATKAN SEBAGAI PENGADILAN AGAMA INSPIRATIF

Kamis, 3 Mei 2018 merupakan awal sejarah baru bagi Pengadilan Agama Kota Banjar, pasalnya Pengadilan Agama Kota Banjar kedatangan Tim Redaktur Majalah Peradilan Agama dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pengadilan Agama Kota Banjar terpilih sebagai salah satu dari lima Pengadilan Agama Inspiratif se Indonesia. Hirpan Hilmi , S.T. (kasubbag Dokumentasi dan Informasi) dan Achmad Cholil, S.Ag., LL.M. (Hakim Pengadilan Agama Bekasi yang Diperbantukan pada Ditjen Badan Peradilan Agama), adalah Tim yang diutus untuk membuat liputan seputar Pengadilan Agama Kota Banjar.

IMG 2380 copy

Nampak Fakhrurazi, S.Ag., M.H.I (Ketua), Nadimin, S.Ag., M.H. (Hakim), Dindin Pahrudin, S.H., M.H. (Panitera), dan  Lia Rosliani, S.H.I., M.H. (Sekretaris), menyambut kedatangan Tim di Pengadilan Agama Kota Banjar, kesan hangat begitu terasa ketika Tim tiba di Lobby Utama Pengadilan Agama Kota Banjar. Achmad Cholil, S.Ag., LL.M. yang baru pertama kali berkunjung merasa Takjub dengan kemegahan gedung Pengadilan Agama Kota Banjar.

IMG 2397copyIMG 2389copy

Didampingi oleh Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris tim mulai meninjau seluruh ruangan yang ada di Pengadilan Agama Kota Banjar. Dalam kesempatan tersebut Achmad Cholil sempat mewawancarai beberapa Aparatur Pengadilan Agama Kota Banjar dan beberapa Pengacara/Advokat seputar pelayanan yang ada. Dalam wawancaranya kepada Aparatur, Achmad Cholil menanyakan perihal kesuksesan Pengadilan Agama Kota Banjar meraih Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu. “Hal apa yang menjadikan PA. Kota Banjar mampu meraih sertifikat SAPM dengan predikat A-Excelent” tanya Ahmad Cholil. “selain pimpinan yang mampu mengarahkan, kebersamaan dan kekompakan kami menjadi kiat sukses dalam perjuangan meraih sertifikat SAPM, tanpa pamrih dan reward apapun, kami berjibaku bersama  dalam persiapan sertifikasi ini” jawaban tersebut hampir sama antara satu pegawai dengan lainnya, “PANASBUNG (Pasukan Nasi Bungkus)  itulah kami, semangat dan kekompakan kami cukup dibayar dengan nasi bungkus” seloroh salah seorang Aparatur.

IMG 2485copy

Sebelum mengakhiri tugas peliputannya tim sempat berbincang ringan dengan jajaran pimpinan. Fakhrurazi, S.Ag., M.H.I. (Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar) menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Tim redaktur majalah Peradilan Agama  ke kantornya. Dalam bincang-bincangnya tersebut Fakhrurazi, S.Ag., M.H.I. (Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar) juga menyampaikan bahwa salah satu manfaat SAPM bagi Pengadilan Agama Kota Banjar adalah terjadinya perubahan secara fundamental budaya kerja dari konvensional menjadi tersistem. Semua Aparatur dituntut untuk bekerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan yang pada prinsipnya fokus pada pelayanan maksimal kepada para pencari keadilan.

IMG 20180503 122235 copy IMG 2491 copy

Kebersamaan dan keikhlasan adalah kunci dari keberhasilan Pengadilan Agama Kota Banjar, semua aparatur memiliki peranan yang sama pentingnya, saling menutupi dan menyempurnakan kekurangan aparatur lainnya, karena tidak akan ada kesuksesan tanpa adanya keterlibatan dan peran orang lain. Tidak ada jurang pemisah antara satu dengan yang lain, karena semua aparatur Pengadilan Agama Kota Banjar adalah tim yang memiliki komitmen dan tujuan yang sama yakni,  mewujudkan Pengadilan Agama Kota Banjar sebagai yang terdepan” tutup Ketua.