183 KULTUM RAMADHAN

Arsip Berita

KETUA PENGADILAN AGAMA KOTA BANJAR MENGISI KULTUM BA’DA DZUHUR

IMG 20180521 WA0015

Peningkatan kualitas keimanan dan ibadah dibulan ramadhan adalah hal yang sangat diidamkan oleh semua umat muslim, pun begitu yang terasa di Pengadilan Agama Kota Banjar. Dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ibadah, Tatang Setiawan AS, S.H.I. (Kasubbag Kepegawaian dan Ortala) telah menyusun jadwal kegiatan selama bulan ramadhan, dimulai dari muadzin, imam sholat dzuhur, dan penceramah. Senin 21 Mei 2018 menjadi hari pertama kegiatan dimaksud dilaksanakan.

Disela waktu persidangan (skorsing) seluruh Aparatur Pengadilan Agama Kota Banjar dimulai dari Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris sampai honorer memenuhi musholla untuk melaksanakan sholat dzuhur berjamaah. Selepas sholat dzuhur dilanjutkan dengan kegiatan kultum (kuliah tujuh menit) yang pada kesempatan pertama ini diisi oleh Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar Fakhrurazi, S.Ag., M.H.I. dalam kesempatan itu beliau (Fakhrurazi) mengingatkan kepada seluruh jamaah akan pentingnya menjaga lisan. Fakhrurazi mengatakan “sebagaimana diriwayatkan ketika zaman Rasululloh SAW, bahwa sanya ada seorang wanita yang sedang memarahi hamba sahaya di bulan ramadhan, dan saat itu Rasululloh SAW mengatakan kepada wanita tersebut berbukalah, makanlah dan minumlah, wanita tersebut mengatakan bahwa ia sedang berpuasa”.

“Berkatalah yang baik dan menyejukkan atau lebih baik diam. Lisan, ini menjadi penyebab rusaknya hubungan antar sesama manusia (hablumina naas), dari lisan bisa menyebabkan petrikaian, percekcokan bahkan peperangan” tambah beliau. Mudah-mudahan kita menjadi muslim yang mampu menjaga lisan kita, dan semakin meningkatkan kualitas keimanan dan ibadah di bulan suci ramadhan. Selamat berpuasa tutup beliau.