Arsip Berita

Jaga Pandangan Dan Lisanmu

Selasa, 7 Mei 2019/2 Ramadhan 1440H

Dalam sebuah kisah dijelaskan bahwa Rasulullah SAW menjumpai seorang wanita yang tengah menghardik dan memarahi hamba sahaya, padahal kala itu bulan Ramadhan. Rasulullah SAW, menghampiri wanita tersebut dan memberikannya makanan, “saya sedang berpuasa ya Rasulullah” jawab wanita itu, kemudian Rasulullah SAW berkata “Sesungguhnya banyak yang berpuasa hanya menahan lapar dan haus saja”.

Itulah penggalan Kultum yang disampaikan oleh Fakhrurazi, S.Ag., M.H.I., (Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar) pada hari kedua menjalankan ibadah Puasa. Bertempat di musholla Pengadilan Agama Kota Banjar, hari ini selasa 7 mei 2019 bertepatan dengan tanggal 2 Ramadhan 1440 H, Fakhrurazi mengisi kultum yang telah dijadwalkan akan dilaksanakan setiap hari senin s.d. kamis selama bulan Ramadhan 1440 H. dalam kultumnya, beliau menyampaikan kiat-kiat agar puasa kita dapat berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang menjadi harapan kita.

Dua hal utama yang beliau sampaikan adalan Pandangan dan Lisan, sebab kedua hal ini yang akan menjadi penentu apakah puasa kita bermakna atau hanya sekedar menahan Lapar dan Haus saja. Menjaga pandangan dari hal-hal yang dapat merusak pahala puasa tentunya wajib dilakukan, karena hakekat puasa juga menjaga Pandangan, sebab pandangan adalah anak panah Iblis. Dari pandangan bisa menimbulkan hal-hal lain. “istilah anak muda cuci mata, namun selain untuk mentadaburkan keindahan alam ciptaan Allah SWT bukanlah cuci mata, melainkan mengotori mata” ujar beliau.

Begitu pula Lisan, beliau mengingatkan agar menjaga lisan kita, jangan sampai menyakiti perasaan orang lain, walaupun yang kita sampaikan adalah kebenaran sekalipun, ada cara, ada etika dalam penyampaian agar orang itu tidak tersinggung. Seperti apa yang disampaikan beliau dalam kultumnya “terpeleset kaki tidak seberapa sakitnya dibanding terpeleset lisan, jika lisan sudah berucap, maka Pedang pun kalah tajam, Jika Lisan sudah menyayat kemana obat hendak dicari”. Jamaah sholat Dzuhur dengan antusias mendengarkan kultum yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar.

“Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua dan bagi saya pribadi khususnya, dan kita dapat meningkatkan kualitas ibadah puasa kita, dan  dapat menjalankan  ibadah puasa dengan sebaik-baiknya”. Tutup beliau.

Add comment

Security code
Refresh