Prosedur

Prosedur Layanan Posbakum

bagan posbakum copy2

POSBAKUM adalah layanan yang dibentuk oleh dan ada pada setiap Pengadilan Tingkat Pertama untuk memberikan layanan hukum berupa informasi, konsultasi, dan advis hukum serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang Kekuasaan Kehakiman, Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan Tata Usaha Negara.

PENERIMA LAYANAN adalah setiap orang atau sekelompok orang  (pihak yang akan bertindak/telah bertindak sebagai : pengguat/pemohon, tergugat/termohon) yang tidak mampu secara ekonomi dan/atau tidak memiliki akses pada informasi dan konsultasi hukum yang memerlukan layanan berupa pemberian informasi, konsultasi, advis hukum, atau bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan.

MEKANISME PEMBERIAN LAYANAN :

1. Pemohon mengajukan permohonan kepada Petugas Posbakum Pengadilan Agama dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan persyaratan yang diperlukan;

2. Pemohon yang sudah mengisi formulir dan memenuhi persyaratan dapat langsung menerima layanan posbakum pengadilan;

3. Petugas layanan posbakum akan mengkompilasi berkas perkara penerima layanan posbakum sebagai dokumentasi pengadilan yang terdiri dari :

    a. Formulir permohonan;

    b. Dokumen persyaratan;

    c. Kronologis perkara seperti tanggal dan agenda persidangan;

    d. Dokumen hukum yang telah dibuat di Posbakum;

     e. Persyaratan telah diberikannya layanan posbakum  yang ditandatangani oleh petugas posbakum dan penerima layanan 

         posbakum;

4. Apabila penerima layanan posbakum tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas posbakum akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara untuk diajukan kepada Ketua Pengadilan;